Labels

Rabu, 16 November 2011

Antara Mistis dan Realistis | Pilih Mana Gan?






Setiap pulang ke rumah di malam hari, selalu tercium wangi bunga. Yang jadi pertanyaannya, kenapa kalau mencium wangi bunga di malam hari selalu aja dihubungkan dengan hal-hal mistis? dan saya mencoba untuk berpikir realistis memang ini wangi bunga, dari pada mikir negatif "Horor juga, nuansa mistisnya jadi kental he he he".

Menurut saya, ini merupakan hal yang menarik untuk ditulis. Artikel ini akan menceritakan kenapa ada bunga mengeluarkan wangi yang kuat di malam hari? dan kenapa wangi bunga di malam hari selalu dihubungkan dengan hal mistis?

Setiap bunga mengeluarkan wangi seperti Mawar, Lavender, dan lain-lain. Tapi ada beberapa bunga yang mengeluarkan wangi yang kuat di malam hari :
- Kenanga (Cananga Odorata)
- Melati (Jasminum)
- Sedap Malam (Polianthes Tuberosa)
- Wijaya Kusuma
Kenapa tidak pagi hari atau siang hari mengeluarkan aroma wangi yang kuatnya? karena anatomi dan morfologi setiap tumbuhan berbeda.


Mengapa, dari mana, bagaimana, dan kapan Bunga mengeluarkan wangi?
Bunga mengeluarkan wangi karena bunga mengandung suatu zat berbau yang terdapat pada kantung-kantung dalam jaringan tumbuhan. Wangi yang dihasilkan dari bunga tersebut dikenal dengan istilah minyak atsiri (Aetheric Oil). Zat berbau yang terdapat dalam bunga keluar ke udara sehingga mengeluarkan aroma.
Bunga mengeluarkan wangi ketika zat berbau yang terkandung dalam jaringan tumbuhan tersebut keluar ke udara. hal ini mungkin ada kaitan dengan Fotosintesis tumbuhan. Pada dasarnya reaksi fotosintesis pada tumbuhan dapat di bagi menjadi dua bagian utama, yaitu Reaksi terang (Memerlukan cahaya) " Bukan cahaya matahari saja loh." dan Reaksi gelap (Tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida).
mungkin juga ada kaitan nya dengan pergerakan dalam pertumbuhan sel pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan (Tropisme). Pergerakan pertumbuhan tanaman ke arah kegelapan disebut Skototropisme. Dan pergerakan pertumbuhan tanaman yang diperngaruhi oleh rangsangan cahaya disebut Fototropisme.
Catatan : Bunga adalah Bakal Buah, buah adalah struktur pembawa biji.

kesimpulan :
- Bunga mekar merupakan suatu perilaku tumbuhan yang dipengaruhi oleh berbagai rangsangan.
- Bunga mengeluarkan wangi karena hasil fotosintesis berupa oksigen dan energi kimia lainnya yang terbawa ke udara (Fotosintesis bisa terjadi siang maupun malam).
- Bunga mengeluarkan aroma bukan disaat mekar, atau di saat malam, atau di saat siang. Setiap bunga itu mengeluarkan aroma karena memiliki zat berbau dalam jaringannya. Tetapi bunga lebih harum disaat mekar karena zat berbau yang terkandung dalam bunga tersebut lebih mudah keluar ke udara.

Mengapa - contohnya bunga sedap malam mengeluarkan aroma kuat dimalam hari? Bunga sedap malam mekar dimalam hari, karena pergerakan perilaku tumbuhannya dipengaruhi oleh rangsangan gelap (Skototropisme) serta proses fotosintesis tetap berlangsung.

Mengapa wangi bunga selalu dihubungkan dengan hal mistis?
Semuanya itu tergantung dari pemanfaatan bunga itu sendiri. Bunga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan parfum dan kita menjadi tahu itu wangi parfum karena dimanfaatkan untuk parfum.
Di masa lalu pada zaman Viktoria Bunga sedap malam digunakan sebagai bunga kuburan. Hingga saat ini pun banyak orang yang memanfaatkan bunga dan wangi bunga untuk hal-hal yang bersifat mistis dan sakral seperti menaburkan bunga di pemakaman, sesaji, upacara-upacara, mandi kembang, orang yang meninggal selalu diberi wewangian dan lain-lain. Sehingga imajinasi terhadap bunga pun bersifat mistis dan sakral. Apalagi mencium aroma wangi bunga di malam hari menjadi hal yang tak lazim karena tak biasa. Hal ini sudah melekat kuat di pikiran orang-orang timur terutama orang indonesia. Kebiasaan yang dilakukan terus menerus secara turun temurun akan menjadi sebuah budaya. Apakah kebiasaan berpikir seperti itu akan menjadi budaya kita juga?

Dengan membaca kita tahu, dengan menulis kita bisa ingat, membaca jika ingin tahu, menulis jika ingin diingat. Terima kasih telah membaca artikel saya. jangan lupa centang dan komentarnya untuk memperkaya blog ini. Salam.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar