Labels

Rabu, 29 Juni 2011

Foto Kuburan Tank Rusia di Afghanistan

Perang Soviet-Afganistan merupakan masa 9 tahun di mana Uni Soviet berusaha mempertahankan pemerintahan Marxis Afganistan, yaitu Partai Demokrasi RakyatAfganistan, menghadapi mujahidin Afganistan yang ingin menggulingkan pemerintahan Afganistan. Uni Sovietmendukung pemerintahan Afganistan, sementara para mujahidin mendapat dukungan dari banyak negara, antara lain Amerika Serikat dan Pakistan.

Pasukan Soviet pertama kali sampai di Afganistan pada tanggal 25 Desember 1979, dan penarikan pasukan terakhir terjadi pada tanggal 2 Februari 1989.

Uni Soviet lalu mengumumkan bahwa semua pasukan mereka sudah ditarik dari Afganistan pada tanggal 15 Februari 1989. Karena banyaknya biaya dan akhirnya kesia-siaan konflik ini.

Perang Soviet-Afganistan sering disamakan sebagai padanan Uni Soviet dengan Perang Vietnam AmerikaSerikat.

Perang ini memiliki dampak yang sangat besar, dan merupakan salah satu faktor leburnya Uni Soviet pada tahun 1991. (Sumber Wikipedia).

Ketika Rusia “angkat kaki” dari Afganistan, mereka banyak meninggalkan peralatan perangnya diantara ratusan tank yang kini telah menjadi besi tua seperti yang nampak pada foto-foto ini.

















sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar