Labels

Rabu, 20 Juli 2011

Facial Bukan Solusi untuk Mengatasi Jerawat


Klipingkita.com-Bermasalah dengan wajah yang berjerawat? Begitu banyak produk telah Anda coba, namun jerawat masih saja kembali -bahkan semakin menjadi-jadi. Perawatan yang dilakukan oleh tenaga profesional mungkin akan banyak membantu menghilangkan jerawat. Tetapi, tentu Anda tidak ingin selamanya bergantung pada dokter kulit, bukan? Karenanya, Anda akan mencari berbagai trik perawatan sendiri yang bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat. Nah, sebelum mulai hunting untuk mencari produk atau jenis treatment yang tepat, ada baiknya Anda baca dulu yang berikut ini:

Facial bukanlah perawatan yang tepat untuk mencegah jerawat
Perawatan deep cleansing di salon bermanfaat untuk menghilangkan komedo, namun tidak dapat mengatasi jerawat. Demikian menurut Debra J. Wattenberg, MD, asisten profesor di bidang dermatologi dari Mount Sinai Medical School, New York City. Dengan kata lain, facial adalah jenis perawatan yang baik untuk relaksasi dan memanjakan kulit wajah, serta membersihkannya dari kotoran dan minyak berlebih. Namun, tidak dapat membersihkan wajah dari jerawat.
Wattenberg menyarankan Anda untuk mengandalkan obat jerawat yang dapat ditemukan di apotek retail. Sementara untuk jerawat yang sulit ditundukkan, ada baiknya memang Anda datang ke ahli kulit, sebab bila tidak ditangani dengan benar maka problemnya akan selalu kembali.

Perawatan untuk setiap orang bisa berbeda-beda
Bagi sebagian orang, jerawat bisa dihilangkan dengan minum obat dan produk khusus untuk membersihkan serta melembabkan kulit. Namun, bagi sebagian orang yang lain, perawatan yang terlalu banyak malah bisa membuat jerawat tumbuh semakin banyak. Demikian menurut ahli dermatologi Tess Mauricio, MD, dari Scripps Ranch Dermatology & Cosmetic Center di La Jolla, California. Jadi, jangan berinisiatif untuk mencoba obat jerawat yang diminum, apabila dokter tidak menganjurkannya.

Makanan juga berpengaruh pada jerawat
Menurut Lisa Drayer, RD, penulis The Beauty Diet: Looking Great Has Never Been So Delicious, beberapa jenis nutrisi dapat membantu mencegah jerawat, seperti vitamin C contohnya. "Ketika tubuh mengalami kesulitan dalam memproses makanan, salah satu solusi yang dilakukan adalah mendorongnya keluar melalui kulit Anda," tambah Joanna Vargas, konsultan perawatan kulit selebriti dan pemiliki Skin Care Sanctuary di New York City.
Makanan yang paling buruk untuk kulit adalah makanan yang diproses. Sementara, cara paling baik agar kulit selalu bersih dan merona sehat adalah dengan minum banyak air putih.

Hasil perawatan tidak tampak dalam semalam
Hanya karena Anda tidak melihat adanya efek langsung setelah melakukan perawatan, bukan berarti usaha Anda gagal total. Sebab, ada beberapa produk yang memang butuh waktu untuk bisa mengubah kondisi kulit.
"Biasanya saya menganjurkan pasien untuk menunggu sekitar 1 bulan, kemudian mulai mengamati perubahan yang terjadi. Semakin parah jerawat di wajah Anda, semakin lama waktu yang dibutuhkan," kata Dr Wattenberg.
Jika setelah 10-12 minggu hasil yang diharapkan tidak tampak, menurut Wattenberg barulah Anda dapat memastikan bahwa produk itu tidak bekerja dengan baik pada kulit Anda.
sumber dan referensi bacaan : kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar