Labels

Jumat, 22 Juli 2011

Harta Karun Rp187,3 T Ditemukan di Kuil India

Ilustrasi: Ist


NEW DELHI - Sebuah kuil Hindu yang berada di India, menyimpan harta karun yang jumlahnya sungguh mencengangkan. Kuil itu menyimpan harta berupa berharga seperti koin emas, perhiasan dan benda berharga lainnya.

Diperkirakan harta yang tidak selama ini tidak dijaga dengan ketat memiliki nilai USD22 miliar atau sekira RP187,3 triliun (Rp8.514 per USD). Harta itu barus diketahui setelah dua ruangan rahasia di kuil itu dibuka setelah hampir 150 tahun ditutup. Demikian diberitakan Associated Press, Senin (4/7/2011).

Atas penemuan ini Pemerintah India langsung memerintah pengamanan ketat terhadap kuil Sree Padmanabhaswamy yang di bangun pada abad ke-16. Penemuan serupa juga ditemukan pekan lalu di Kuil Trivandrum yang berada di Kerala.

Empat ruangan rahasia di kuil tersebut ternyata menyimpan harta karun yang nilai hampir menyamai dengan ditemukan di Kuil Sree Padmanabhaswamy. Banyak harta yang tak ternilai disimpan dengan rapih di kedua kuil berharga ini.

Harta karun yang ditemukan termasuk patung dewa-dewi yang terbuat dari emas murni dan bertahtakan berlian, rubi, zamrud serta beberapa batu berharga lainnya. Selain itu ditemukan juga mahkota serta perhiasan yang diberikan sebagai hadiah kepada kuil tersebut selama berabad-abad.

Banyaknya jumlah harta yang ditemukan membuat petugas tidak lagi menghitungnya per kantung, bukan lagi dalam timbangan yang seharusnya. Kuil tersebut dibangun oleh Maharaja Travancore selama berabad-abad dan terus dilindungi oleh keluarga kerajaan saat kemerdekaan India dari Inggris pada 1947 silam.

Kini polisi melakukan penjagaan ketat terhadap kuil tersebut. Rencananya, alat keamanan berteknologi tinggi juga akan dipasang disekitar areal kuil demi menjaga keamanan.



sumber:http://international.okezone.com/read/2011/07/04/214/475857/harta-karun-rp187-3-t-ditemukan-di-kuil-india

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar