Labels

Selasa, 19 Juli 2011

6 Hal Tak Boleh Dilupakan Saat Sibuk

Pekerjaan yang menumpuk, jadwal pertemuan juga padat, membuat waktu 24 jam terasa kurang. Sayang, waktu tak bisa ditambah. Tinggal pintar-pintarnya kita memanfaatkan waktu yang ada.

Menyelipkan sejumlah aktivitas fisik dan juga kegiatan menyehatkan dalam deretan rutinitas pekerjaan akan mendongkrak kesehatan Anda. Coba sejumlah tip ini.

1. Tetap Sarapan
Sarapan is a must! Ya harus. Kalori yang diperoleh dari sarapan menjadi bekal energi Anda untuk beraktivitas dari pagi hingga siang hari. Sarapan terbaik tentu saja mencakup sejumlah nutrisi penting yang diperlukan tubuh.

"Ada karbohidrat yang bisa diperoleh dari roti gandum, oat, atau biji-bijian utuh, juga protein, vitamin, dan mineral," ujar ahli gizi, Geraldine Georgeou.

Kombinasi tersebut akan menyuplai energi dan mengoptimalkan rasa kenyang. Jangan lupakan buah, seperti stroberi, apel, pir, atau yang lain. Kalau waktu Anda terbatas, coba makanan komplet, seperti oat yang dilengkapi susu ditambah aneka buah.

2. Selalu Olahraga
Seberapa pun sibuknya Anda, sempatkan diri untuk berolahraga. Cari waktu yang paling Anda suka. Pagi hari sebelum kerja, siang ketika istirahat, atau sore hari. Namun, sebuah studi menunjukkan bahwa performa tubuh terbaik berada di antara pukul 16.00-19.00.

"Suhu sentral tubuh tertinggi pada waktu ini meningkatkan aliran darah ke otot dan mengurangi friksi internal, yang menentukan seberapa besar upaya yang diperlukan untuk bergerak," kata pelatih pribadi, Jay Bonaretti.

Hasilnya, dalam studi di Liverpool John Moores University, Inggris, para responden menyebutkan, mereka lebih mudah berolahraga di sore dan malam hari. Kondisi ini membuat Anda cenderung dapat berolahraga dengan keras.

3. Selalu Bergerak
Terlambat menghadiri pertemuan dengan klien? Cobalah untuk berangkat lebih awal. dan berangkat lebih awal tentu saja dimulai dengan bangun tidur lebih awal. Berangkat kerja lebih awal juga membuat Anda berkesempatan besar mencari parkir kendaraan lebih jauh, bukan lebih dekat.

Maksudnya, tentu saja agar Anda memiliki peluang untuk berjalan lebih jauh. Hitung-hitung berolahraga. Kalau Anda tidak membawa kendaraan, berhentilah 2-3 halte sebelum kantor. dengan begitu, Anda masih bisa bergerak lebih banyak.

Ketika tiba di kantor, gunakan tangga. Selain lebih sehat dan membantu mengencangkan otot kaki, Anda tak perlu lama-lama menanti antrean lift. Saat makan siang, cobalah keluar kantor dan berjalan kaki untuk membeli makanan. Ajak teman ikut serta, dengan begitu Anda juga mendorong teman untuk bergerak. Jangan takut pada matahari, bawa saja payung biar tidak kepanasan.

4. Manfaatkan Alat yang Ada
Gunakan sejumlah alat untuk membuat Anda tetap aktif. Kalau Anda memiliki jumping rope, gunakan di sela-sela istirahat kantor atau di rumah. Lakukan saja beberapa putaran sambil menonton televisi.

5. Lakukan Peregangan
Kalau Anda tak sempat menyisipkan waktu berolahraga di antara kerja,
coba saja peregangan atau latihan yang memerlukan waktu hanya sekitar 15 menit.

6. Tetap Atur Pola Makan
Selain sarapan, jangan pula lewatkan jadwal makan utama. Pastikan dalam sehari, Anda makan utama tiga kali dengan dua kali kudapan. Perhatikan pula kalori dari setiap makanan yang diasup.

Perbanyak buah dan sayur. Untuk kudapan, carilah yang memiliki komposisi seimbang. Oat dengan campuran buah bisa dijadikan kudapan di sore hari ketika perut sedang keroncongan. Selain lezat, paduan tersebut juga sehat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar