Labels

Kamis, 21 Juli 2011

MENGETAHUI Canggihnya Baju Astronot Atlantis

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1720622.jpg


Baju astronot warna oranye yang terkenal itu, dirancang khusus dan dilengkapi teknologi canggih. Simak deskripsinya.

Misi terakhir Atlantis NASA akan kembali ke bumi Kamis waktu Amerika Serikat. Kenang-kenangan yang paling mudah diingat orang dari para astronot adalah bajunya.
Pakaian astronot berwarna oranye itu bernama Advanced Crew Escape Suit, atau biasa disebut "baju labu" karena warnanya seperti labu kuning.
Seperti dikutip dari Slate.com, pakaian mereka ini tidak dirancang sembarangan, melainkan berteknologi canggih yang penting untuk menunjang kehidupan mereka di luar angkasa.
http://3.bp.blogspot.com/_wFr-HuwjibA/TSdlaNPF26I/AAAAAAAAUtE/EhGqQXx-ok4/s1600/astronot.jpg


Di lengan kanan ada kantung chemlite yang akan menyala merah sebelum pesawat mulai meluncur dan mendarat, atau saat keadaan darurat. Di bagian perut kanan adalah “otak” yang mengontrol seluruh sistem di baju astronot. Bagian ini dapat membuka dan menutup secara otomatis untuk mengatur tekanan udara dalam pakaian.
Kerah lehernya berfungsi memasang helm. Di lengan kiri ada lapisan semacam cermin untuk melihat keadaan di atas kepala astronot, atau ke luar jendela supaya bisa mengoperasikan pesawat luar angkasa dengan mudah.
Di kaki kanan bawah ada kantung berisi radio yang baterainya bekerja 24 jam, earphone dan antena cadangan, serta dua pil untuk dikonsumsi saat astronot merasa mual. Di kaki kiri bawah ada lampu untuk komunikasi jarak jauh (mencapai 80 km), perangkat suar, dan lampu.
Sedangkan di bagian paha kanan baju oranye itu ada tempat menyimpan aneka benda pribadi seperti kaca mata, pulpen, buku catatan, foto, dan sebagainya. Di lutut kanan adalah operator oksigen dan pengatur tekanan.
http://static.inilah.com/data/berita/foto/1680962.jpg


Di bagian dalam terdapat lengan panjang warna biru sebagai bagian dari tabung pendingin untuk mendinginkan pakaian. Resleting depan dapat dikencangkan atau dikendurkan untuk mengatur tekanan udara atau mengatur posisi nyaman saat duduk atau berdiri.
Di perut kanan ada colokan yang tersambung dengan mesin yang memompa udara sejuk ke dalam baju. Di sini juga terdapat sebuah katup ventilasi buka-tutup yang memiliki lubang konektor untuk mencegah air masuk.
Yang terakhir, yaitu sepatu, adalah sepatu kulit berat warna hitam. Sepatu ini kuat namun fleksibel untuk dipakai berlari. [mor]



sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1720622/canggihnya-baju-astronot-atlantis
You might also like:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar