Labels

Rabu, 20 Juli 2011

Perhatian Ayah Selamatkan Anak Gadis dari Seks tak Sehat

Perhatian Ayah Selamatkan Anak Gadis dari Seks tak Sehat

Menjaga anak perempuan memang tidak semudah laki-laki, terutama menghindari mereka dari perilaku seks berisiko. Kuncinya, yaitu perhatian sang ayah.

Pengasuhan yang baik dari ayah kepada anak perempuannya cenderung mengurangi risiko putrinya terlibat dalam perilaku seksual berisiko. Perilaku seks berisiko diantaranya berhubungan seks saat mabuk, seks tanpa kondom, dan hamil di luar nikah.
Penulis sekaligus peneliti dari Norton School of Family and Science di University of Arizona Amerika Serikat Bruce J. Ellis mengatakan ternyata pengaruh seorang ayah sangat besar terhadap perilaku anak perempuannya ketika memutuskan soal seks.
Ayah yang tidak peduli terhadap anak perempuannya atau anak perempuan yang kurang kasih sayang dari ayahnya lebih rentan melakukan hubungan seks yang tidak sehat ketika menjelang dewasa, dibanding yang tidak.
Pendapat tersebut didasarkan pada penelitian terhadap 59 pasang saudara, dimana orangtuanya bercerai.
"Namun tidak sesepele itu, ternyata berapa lama anak perempuan tinggal bersama ayahnya tidak akan berpengaruh apa-apa, yang terpenting adalah apa yang dilakukan antara anak dan ayahnya ketika mereka menghabiskan waktu bersama," jelas Ellis.
Ketika anak perempuan menghabiskan waktu lama dengan ayahnya dan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan berkualitas seperti berkebun, berdiskusi dan saling tukar pikiran maka perilaku seks berisikonya akan menurun.
Jadi, perempuan yang terjebak dalam kehidupan seks bebas bisa jadi disebabkan karena kurangnya perhatian dari ayah mereka.(*)

Sumber: Sehat News

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar