Sebuah objek berwarna hitam, menyerupai bentuk burung walet dan terbang melayang menuju pilar jembatan Kutai Kartanegara terekam kamera photo Ady Wardoyo, Senin (5/12/2011) sekitar pukul 08.00 pagi.

Ady Wardoyo adalah seorang karyawan pertambangan yang turut serta dalam proses evakuasi korban jembatan Kukar. "Saya mau pulang ke Balikpapan, tukar shift dengan rekan lain untuk evakuasi. Saya foto-foto jembatan dan sekitarnya. Waktu saya periksa, ada tampilan lain, dan hanya terdapat pada satu foto. Padahal saya ambil beberapa foto di pilar jembatan," kata Ady.

Siangnya menurut Ady, seorang wanita tua yang mendengar Ady berhasil mengabadikan objek tidak dikenal di pilar jembatan datang menemuinya.

"Siang hari saya didatangi ibu tua dan membawa barang dagangan seperti hendak berjualan. Ibu itu mengaku warga sekitar sungai Mahakam. Ibu itu bilang saya orang beruntung bisa lihat objek itu, karena objek itu menurutnya adalah penunggu jembatan Kutai Kartanegara. Lalu saya kembali ke posko, penasaran, saya datang lagi ke tempat bertemu, ibu itu tidak ada lagi," Kata Ady.

Hingga menjelang pulang ke Balikpapan, masih banyak petugas posko dan warga yang ada di sekitar jembatan ingin mengabadikan objek yang berhasil ditangkap kamera Ady.